KATA PENGANTAR
Puji Tuhan Kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa Atas Segala Rahmat, karunia terutama kesempatan yang diberikan-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan makal
ah ini secara tuntas, untuk menjadi salah satu syarat menjadi karyawan di PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk. Semoga makalah ini dapat bermanfaat sebagai referensi dalam bekerja.
Selama proses penulisan makalah ini, penulis memperoleh banyak bantuan dari berbagai pihak, baik secara langsung maupun secara tidak langsung. Untuk itu penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penulisan makalah ini.
Sebagai manusia biasa penulis menyadari bahwa dalam penulisa makalah ini masih banyak terdapat kekurangan dan kekeliruan. Segala kritikan dan masukan dari semua pihak, akan menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi penulis demi mencapai kesempurnaan makalah ini.
Bogor, 07 Februari 2016
……………………….
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DATAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
1.2 Metode Penelitian
BAB II PEMBAHASAN
2.1 Sejarah Perusahaan
2.2 Struktur Organisasi
2.3 Satuan konversi 10 item
2.4 Tugas Crew Store
2.5 Membuat Harga
2.6 Pengertian Planogram
2.7 Cara Penggunaan A.Kios
2.8 Fungsi dan penggunaan E-Trans
2.9 Pengertian
A. Pos
B. Perangkat dan Fungsi
C. Fungsi F1sampai F2
3.0 Cara Stop Off Name. S.O
3.1 Alur Retur dan Kriteria Retur
3.2 Kegunaan PDA dan arti PDA
BAB III PENUTUP
3.3 Kesimpulan
3.3 Saran – Saran
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
Perkembangan industri bisnis di Indonesia begitu sangat pesat, dengan seiring sarana informasi yang menunjang sangat tidak sulit mencari informasi perkembangan bisnis di dunia internet. Banyak di dunia bisnis yang infonya dapat searching di google, untuk melakukan pemesanan atau hanya lihat – lihat saja. Tetapi hal itu tidak semua kalangan dapat mengaksesnya, di karnakan keterbatasan fasilitas dan kemampuan dalam mengoprasikan komputer dengan internet, dengan ini alfamart memberikan kemudahan – kemudahan dalam memenuhi kebutuhan konsumen untuk semua kalangan, dengan membuka gerai di setiap lokasi agar konsumen lebih mudah mendapatkan kebutuhan sehari – hari.
1. Latar Belakang
Minimarket alfa adalah usaha menengah yang diraih dengan asset yang standard tidak melewati seperti kebutuhan primer, sekunder, selebihnya semacam supermarket dan hypermat. Tapi kini pertumbuhan usaha bisnis semakin pesat untuk itu saya ingin mengetahui dan mempelajari system informasi dan memajang barang yang dijual yang berada didalamnya. Dengan melakukan riset setidaknya saya dapat mengamati, melihat mempelajari, memperhatikan, dan mempraktekanya system – system yang ada.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 STRUKTUR ORGANISASI
Struktur organisasi adalah susunan komponen-komponen (unit-unit kerja) dalam organisasi. Struktur organisasi menunjukkan adanya pembagian kerja dan meninjukkan bagaimana fungsi-fungsi atau kegiatan-kegiatan yang berbeda-beda tersebut diintegrasikan (koordinasi). Selain daripada itu struktur organisasi juga menunjukkan spesialisasi-spesialisasi pekerjaan, saluran perintah dan penyampaian laporan.
Tugas masing-masing dari struktur organisasi
1. BOARD OF COMMISIONERS
• melakukan pengawasan atas jalanya dan memberikan nasihat kepada direktur.
• Dalam melakukkan tugas dewan direksi pada kepentingan perusahan dan sesuai dengan maksud dan tujuan perusahaan.
• Kewengan khusus dewan komisaris bahwa dewan komisaris dapat diamatkan dalam anggaran dasar untuk melaksanakkan tugas-tugas tertentu direktur
• Membuat risalah rapat dewan komisaris dan meyimpan salinan rapat.
• Melaporkan kepada perusahaan kepada kepemilikan pengawasan yang telah dilakukkan
• Memberikan laporan tentang tugas-tugas pengawasan yang telah dilakukan
2. AUDIT COMMITE
• Melakukan penelaan terhadap informasi keuangan yang diterbitkan
• Penelaan atas ketaatan perusahaan terhadap undang-undang dibidang pasar modal dan dibidang lain yang relevan
• penelaan terhadap indepedensi dan objektivitas akutan public
• Penelaan terhadap kecukupan pemeriksaan yang dilakukkan oleh public untuk memastikan semua resiko yang penting telah dipertimbangkan
• Melakkukan juga terdapat pengaduan yang terdapat yang berkaitan dengan perusahaan
3. BOARD OF DIRECTORS
• Memipin perusahaan dengan menerbitkan kebijakan-kebijakan perusahaan
• Memilih,menetapkan,mengawasi tugas-tugas dari karyawan dan kepala bagian(manajer)
• Meyetujui anggaran tahunan perusahan
4. CORPORATE AUDIT.
• Meyediakan penipuan deteksi,invertigasi dan pengalaman forensic akutansi dan keahlian untuk program monitoring.
• Mengembangkan dan menetapkan prosedur investigasi dengan tren yang tidak bias atau pola dan anomaly untuk disposisi.
• Berinteraksi dengan manajer senior.
• Mendokumentasi kertas dan hasil audit & kelibatan konsultan
5. CORPORATE LEGAL
• Mengurusi urusan rups dan perubahan anggaran.
• Mereview usulan pembuatan/perubahan sop.
• Mengawal ketentuan dan peraturan baru.
6. OPERATION.
• Mengawasi kegiatan operasi
• Mengawasi keberadaan serta kondisi mesin dan peralatan.
• Membuat produk yang dipesan.
• Membuat keputusan harian sehubung dengan kegiatan di Alfamart.
7. MARKETING
• Bertanggung jawab terhadap bagian pemasaran.
• Bertanggung jawab terhadap peroleh hasil penjual dan pengguna dan promosi.
• Sebagai kordinator manajer produk dan manger penjualan.
• Membuat laporan pemasaran kepada direksi
8. MERCHANDISING
• Memajang/mendisplay dan menata produk .
• Menjaga kebersihan produk dan pajangan.
• Menjalankan semua program promosi perusahaan.
• Menjalankan tugas kunjungan sesuai dan rencana kerja
9. PROPERTY DEVELOPMENT
• Mengkordinasikan kegiatan pengendalian property dan lingkungan diwilayah usaha perusahaan dan lingkunganya.
• Meyelenggarakan pengelolahan data dan peyimpanan dokumen asli property.
• Meyiapkan laporan kegiatan divisi secara benar dan tepat waktu
10. IT
• Bertanggung jawab memelihara system jaringan.
• Mengoptimalisasi perangkat it atau server yang ada di alfamart
11. FINANCE
• Membuat ,memeriksa dan mengarsip faktur,nota supplier,laporan AP/AR untuk memastikan status utang piutang.
• Membuat ,mencetak tagihan dan surat tagihan untuk memastikan tagihan terkirim kepada pellanggan dengan benar dan tepat waktu.
• Menerima memeriksa tagihan dr vendor dan membuat rekapanya untuk memastikan pembayaran terkirim tepat waktu
12. HUMAN CAPITAL
• Memperbaiki dan memperhatikan mutu karyawan.
• Meyediakan tenaga yang ahli dan sesuai dengan bidangnya masing-masing
13. COPORATE DEVELOPMENT
• Bertugas merencanakan ,merancang dan meyajikan presentasi yang menarik dan proposal untuk pendekatan bisnis baru.
• Memberikan bantuan monitoring kepada penjabat fundraisingperusahaan
14. FRANCHISE
• Meyediakan tempat usaha dan modal sejumlah tertentu bergantung pada sejumlah tertentu bergantung pada jenis waralaba yang akan dibeli.
• Menjaga image produk waralaba
15. CORPORATE AKHIR
• Bertanggung jawab untuk semua komunikasi internal dan eksternal
• Mengurus hal-hal seperti bulletin karyawan,laporan bisnis tahun siaran pers.
2.2 Lay Out
2.3 SATUAN KONVERSI 10 ITEM
1. Sosro fruit tea isi 24 1 Karton
Harga 4 satuan peace 4.900
2. Cocacola 1 Karton 12 dus
Harga satuan 10 ribu
3. Fanta
Harga perkilo 20.500 6 pcs
4. Ultra milk 24 pcs
Harga satuan : 5.200
5. Aqua 1500 Ml
Harga satuan : 5.600 12 pcs
6. Hilo school honey 250gr 24
Harga satuan 32.000
7. Frisan flag instan coklat 800 gr 12 pcs
Harga satuan 58.900
8. Mamy poko pants standar xxl 6pcs
Harga satuan 55.500
9. Citato sapi panggang 68 gr 30
Harga satuan 9.500
10. Taro net potato bbq 70 gr 24
Harga satuan : 7.400
2.4 TUGAS CREW STORE
1. pemajangan barang (display) dan pemenuhan dari gudang took ke area penjualan took
2. menjalin hubungan baik dengan lingkungan took
3. melakukan pencegahan dan penguasaan barang hilang
4. penurunan dan pengecekan barang turun dari DC
5. informasi barang kosong kepada Chief Of Store / asisten COS
6. Mempersiapkan sara kerja yang diperlukan
7. Memberikan pelayanan kepada pelanggan
8. Informasi dan penawaran program promo
9. Menerima penitipan barang
10. Melaksanakan kebersihan
11. Persiapan retur barang
12. Penyebaran leaflet
13. Pengecekan harga
14. Stok Of Name
15. Mengoprasikan mesin bahan makanan dan minuman siap saji (ready to eat dan ready to drink)
16. Melakukan perawatan terhadap. Mesin makanan dan minuman siap saji (ready ready to eat dan ready to drink)
2.5 Membuat Harga
Masuk laporan -> Label Procs Regurer + Regurer
2.6 Pengertian Planogram
Pengertian
Planogram adalah rancangan/rencana visual dapat berupa gambar, foto, design, sketsa, dll yang biasanya digunakan oleh toko retail. Planogram menyediakan informasi rinci untuk setiap ukuran dan kuantitas (jumlah) produk yang tersedia. Didalam planogram tersebut merinci secara detail dimana produk harus ditempatkan di dalam rak yang biasa disebut end gondola.
Tujuan Planogram
Setiap kegiatan pasti memiliki tujuan, begitu pula dengan implementasi planogram, tujuan ini bisa di lihat dari beberapa aspek, yang pertama tujuan untuk perusahaan :
1. Meningkatkan Penjualan dan Profit
2. Mengetahui Potensi Space per m2
3. Memuaskan pelanggan dengan daya tarik visual yang lebih baik
4. Pengendalian persediaan dan mengurangi stock out
5. Kemudahan pengisian barang oleh personil
Bagi Konsumen :
• 1. Agar merasa lebih nyaman berbelanja
• 2. Lebih mudah dan cepat mencari produk
• 3. Lebih mudah membuat perbandingan antara produk satu dengan produk lainnya
• 4. Semua produk tertata dengan rapi
Contoh Planogram :
2.7 Cara Penggunaan A.Kios
“Albi Kiosk”. Anjungan ini adalah mesin Pelayanan Mandiri untuk konsumen Alfamart.
Albi Kiosk atau dikenal pula sebagai A-Kiosk yang awalnya hanya berfungsi untuk melakukan transaksi pembayaran seperti token PLN, tagihan listrik, e-voucher, kredit motor dan tiket kereta api kini dapat digunakan pula untuk menyalurkan donasi untuk RZyang telah bekerja sama dengan Alfamart.
Pada A-Kiosk Konsumen masuk ke Menu Donasi yang terdapat di halaman ke-2 menu utama pada “A-Kiosk”, lalu memilih Yayasan penerima donasi, kemudian memilih jumlah nominal donasi yang akan disumbangkan. Setelah menginput nominal donasi, konsumen akan mendapatkan nomor urut transaksi. Tahap terakhir adalah konsumen melakukan pembayaran ke kasir dengan menyebutkan nomor transaksi. Sebagai bukti pembayarankonsumen akan memperoleh struk.
Berderma Sebagai Lifestyle
“Tantangan utama filantropi Indonesia adalah kesadaran masyarakat untuk berderma yang masih belum optimal, serta rasa percaya masyarakat kepada lembaga filantropi yang juga masih perlu ditingkatkan. Karenanya, RZ terus meningkatkan kualitas pelayanannya dan terus berupaya menjadikan kebiasaan berderma sebagai lifestyle di masyarakat.” ungkap Effendi.
Menurutnya, gaya hidup masyarakat Indonesia yang modern sudah seharusnya diimbangi dengan kemampuan berderma guna membantu sesama, “Standar kesuksesan hidup seseorang bukanlah hanya ditentukan oleh banyaknya harta yang dimiliki, tapi dari sebanyak apa kemampuannya dalam berderma, yang bisa memberikan kontribusi untuk masyarakat,” tambahnya.
Kehadiran A-Kiosk sebagai salah satu channel dalam berdonasi merupakan upaya meningkatkan kesadaran berdonasi pada masyarakat serta mengoptimalkan perkembangan informasi teknologi. Dengan bertambahnyachannel dalam menyalurkan donasi diharapkan dapat membantu terbentuknya kebiasaan berderma/berdonasi menjadi gaya hidup.
“Salah satu keunggulan berdonasi melalui Albi Kiosk yakni memungkinkan donatur untuk menyalurkan donasi kepada yayasan yang dipercaya dan sesuai keinginannya. A-Kiosk yang disetting untuk pelayanan mandiri diharapkan dapat memotivasi masyarakat membantu sesama karena transaksi dilakukan atas kesadaran sendiri,” ungkap Rachman.
2.8 Fungsi dan penggunaan E-Trans
E-trans adalah suatu fasilitas yang memudahkan kita untuk bertransaksi secara online menggukan internet, dengan e-trans kita dapat membeli pulsa hingga membayar berbagai macam tagihan sesuai dengan kebutuhan konsumen. Cara menggukan e-trans ini saat mudah langkah pertama sebelum kita melakukan e-trans adalah memasukan NOMOR PLU diikuti angka 2, setelah memasukan NOMOR PLU kita akan mendapatkan 3 NOMOR yang berbeda nomor pertama adalah PLU yang kita tulis pada format data setelah mengisi nomor konsumen, kemudian yang ke dua adalah NOMOR BON yang kita masukkan setelah NOMOR PLU.
2.9 Pengertian POS
Seiring dengan kemajuan dalam dunia teknologi informasi, penggunaan hardware seperti komputer dengan berbagai aplikasi yang mendukung kinerja komputer. Ini juga berpengaruh pada bisnis retail yang secara fungsinya mesin kasir atau cash register sebagai media Point Of Sales. Dalam perkembangannya, mesin kasir yang menjadi point of sales ini sudah dilengkapi dengan aplikasi point of sales yang bertujuan mempermudah dan mempercepat transaksi jual beli dengan sistem yang mudah untuk digunakan.
Manfaat Program Point Of Sales
Di pasaran sendiri istilahnya jadi bermacam-macam, ada yang menyebut "program toko", atau "software toko", atau "program kasir", atau "mesin kasir" atau "aplikasi inventory", atau "aplikasi toko", atau istilah kerennya "retail system", "inventory system", dsb. Pada dasarnya sama saja, karena semua bisa kita golongkan sebagai aplikasi point of sale dengan melihat fungsi dasar aplikasi tersebut. Dengan menggunakan aplikasi Point Of Sale kita bisa memperoleh beberapa keuntungan dengan adanya nilai tambah (added value) yang bisa diberikan, antara lain:
• Peningkatan Kualitas Pelayanan. Dengan menggunakan software point of salesini, Anda dapat dengan mudah menjalankan proses transaksi dengan cepat dan sistematis tentu sangat mendukung orientasi pelayanan usaha anda terhadap konsumen serta meningkatkan market interest.
• Peningkatan Citra Usaha. Setiap konsumen dan stakeholder yang terlibat akan memandang usaha anda sebagai sebuah computerized enterprise yang dikelola dengan baik dan profesional.
• Competitive Advantage. Penerapan teknologi informasi (TI) dapat meningkatkan daya saing perusahaan anda dalam kancah bisnis yang memang sangat ketat dan mengutamakan efisiensi waktu, terutama menghadapi era global market.
Untuk mengoptimalkan penggunaan Program Point Of Sale tentu saja diperlukan perangkat komputer yang memadai sebagai media aplikasi. Perangkat pendukung nya seperti barcode scanner yang berfungsi sebagai media input. Perangkat lain, yaitu pole display yang mempunyai fungsi untuk menampilkan harga ke konsumen. Hadware pendukung dari program point of sales ini membutuhkan cash drawer yang digunakan sebagai laci penyimpanan uang. Selain cash drawer, ada perangat lain yang dibutuhkan untuk mengoperasikan program point of sales, adalah mini printer yang digunakan untuk mencetak struk atau faktur hasil dari setiap transaksi yang berhasil dilakukan. Semua perangkat tersebut bisa dibeli terpisah sesuai kebutuhan. Semoga dapat membantu.
3.0 Cara Stop Off Name. S.O
SO ( Stock Opename )
Adalah menghitung ulang stock barang yang ada di toko, bisa juga disebut dengan istilah ( Stock Take )
Pelaksanaan stock opename di toko Alfamart terbagi dalam berbagai bagian di antaranya :
a. Stock Opename persial yaitu proses pendataan dan penghitungan barang dalam waktu tertentu dan beberapa rak tertentu
b. Stock Opename grand yaitu proses pendataan yang dilakukang secara bersama – sama oleh seluruh karyawan setiap bulan
Display
Adalah pemenuhan barang dagang dari gudang ke area sales / rak.
Display juga terbagi menjadi 3 yaitu :
1. Window Display
2. Interior Display
3. Eksterior Display
3.1 Alur Retur dan Kriteria Retur
Dalam dunia penjualan, kita sering mendengar istilah retur penjualan, Apalagi bagi seorang tenaga penjualan atau sales pasti akan sering mendengar istilah tersebut. Sebelum melanjutkan pembahasan tentang retur, Tidak ada jeleknya kalau kita mengerti dulu apa itu retur penjualan. Definisi atau pengertian retur penjualan :
Barang dagangan yang diterima kembali oleh fihak pemasok atas pengembalian barang dari fihak pengorder karena suatu alasan dan atau sebab tertentu. Beberapa alasan atau sebab kenapa barang dilakukan retur. Barang rusak atau cacat. Barang tidak sesuai pesanan. Barang tidak laku ditoko. Untuk Barang rusak atau cacat dan barang tidak sesuai pesanan memang sewajarnya diretur atau ditukar, kenapa..?
1. Untuk barang rusak atau cacat memang semestinya harus diretur, karena jika barang tetap dipaksakan untuk dijual dengan harga normal akan berpengaruh terhadap kredibilitas toko maupun produsen.
2. Untuk barang tidak sesuai pesanan, sewajarnyalah toko meretur atau mengembalikan produk tersebut, karena memang toko tidak menginginkan produk bersangkutan.
Yang jelas akan menjadi resiko toko, dimana toko akan membayar barang dagangan yang perputaran penjualannya lambat atau bahkan tidak laku. Lalu apa pengaruhnya terhadap produsen jika menolak retur untuk produk tidak laku tersebut.
1. Untuk saat tersebut memang menguntungan, dimana produsen tidak akan kebebanan potongan dari retur untuk pembayaran tagihannya, Jadi pembayaran yang diterima penuh sesuai tagihan.
2. Untuk waktu akan datang mungkin akan menjadi masalah, inilah yang perlu kita perhatikan dan dipertimbangkan oleh produsen.
Macam – macam retur
BTA : Barang Tidak Ada
BK : Barang Kurang
BR : Barang Rusak
BRP : Barang Rusak Pengiriman
BKE : Barang Expired
BD : Barang Discountinue
BTH : Barang Tag H
BNC : Barang Non Category
BOS : Barang Over Stock
BG : Barang Galon
BM : Barang Majalah
BKL : Barang BKL
RPA : Retur Performa
RAT : Retur Antar Toko
BC : Barang Countainer
BTS : Barang Seasonal ( Tag S )
BTG : Barang Tarik Gudang ( Tag G )
3.2 Kegunaan PDA dan arti PDA
PDA (Personal Digital Assistant) merupakan suatu alat gadget yang berfungsi layaknya pc yang berukuran kecil sehingga dapat dibawa ke mana-mana. Awalanya PDA banyak digunakan sebagai pengorganisir pribadi, tetapi karena perkembangannya, kemudian bertambah banyak fungsinya, seperti menyimpan alamat dan nomor telepon, mengatur jadwal kegiatan, kalender dan menyimpan catatan. Bahkan PDA yang lebih canggih memiliki program pengolah kata, spreadsheet, pengatur keuangan, games, memainkan file MP3, memutar klip video, membaca electronic book (eBook), pengaksesan email dan browsing Internet pun dapat dilakukan lewat PDA, bahkan pada PDA terdapat fasilitas WiFi atau jaringanwireless.
Beberapa PDA sudah dilengkapi software-software tersebut, tapi ada juga software yang harus kita beli atau kita download untuk menambahkan kemampuan PDA kita. Ada juga PDA yang mengharuskan kita menambahkan hardware tertentu agar fungsi PDA menjadi lebih banyak lagi, seperti kamera digital, ponsel dan GPS (Global Positioning Systems).
PDA juga dapat saling bertukar data dan/atau informasi dengan komputer desktop atau komputer laptop juga dengan PDA itu sendiri, untuk melakukan hal tersebut beberapa mengharuskan kita menggunakan hardware dan software tambahan tapi umumnya semua PDA menyediakan software dan hardware untuk proses sinkronisasi tersebut dalam bundelnya. Salah satu ciri khas PDA yang paling utama adalah fasilitas layar sentuh. mengapa??? Hal ini dikarenakan fitur PDA yang banyak mengharuskan dia untuk memiliki layar yang besar. Apabila ditambah dengan papan ketik maka akan membuat bentuknya semakin besar dan tidak lagi efisien. Maka dari itu, teknologi layar sentuh diguanakan sebagai tombol pintas. Layar sentuh dioperasikan dengan menggunakan stylus (pena khusus). Terdapat empat cara memasukkan teks:
1. Menggunakan papan ketik virtual yang secara otomatis akan muncul pada layar sentuhya.
2. Menggunakan papan ketik eksternal yang dikoneksikan melalui USB atau Bluetooth.
3. Menggunakan kemampuan pengenalan huruf atau kata. Caranya dengan menuliskan huruf atau kata pada layar sentuh, yang kemudian akan diperbaiki secara otomatis oleh sistem yang terdapat pada PDA.
Sistem Kerja PDA
Sebagai komputer genggam, PDA memiliki processor dan sistem operasi layaknya komputer biasa. Sistem operasi ini merupakan software utama pada PDA. Cara kerjanya sama seperti sitem operasi pada komputer seperti Windows XP atau Mac OS, tetapi didesain khusus untuk PDA. Terdapat dua kesamaan sistem operasi pada PDA yaitu Palm dan Pocket PC (Windows Mobile). Keduanya bekerja dengan program piranti lunak yang berbeda, jadi walaupun berisikan banyak dokumen seperti gambar, musik dan lainnya yang bisa dipakai namun tidak pada pemrogaman. Pada penyimpanan data tanpa kartu memori, data disimpan dalam RAM dengan ukuran puluhan MegaByte, sedangkan sumber energinya berasal dari baterai (dulunya A3) isi ulang. Selain itu, bisa juga menggunakan adaptor yang disambungkan ke stop kontak AC.
Komponen-komponen PDA
Ada beberapa komponen utama PDA, yaitu :
1. Processor, merupakan otak dari segalanya, seperti juga PC, PDA processor khusus PDA, yang pasti processor tersebut harus hemat energi dan tidak cepat panas. Jenis yang sering digunakan adalah processor yang berarsitektur ARM.
2. Memori Internal, pada PC untuk menyimpan disimpan pada hardisk, namun pada PDA tidaklah mungkin karena ukuran dan dayanya. Untuk melanyani penyimpanan dilakukan pada keping memori.
• ROM, OS dan aplikasi standar disimpan disini, karena ROM tidak membutuhkan listrik untuk menjaga keutuhan data RAM.
• Untuk mengatasi RAM, PDA menyediakan slot tambahan seperti flash memory internal. Lalu solusi kedua adalah dengan menggunakan baterai ‘kancing’ tambahan agar terjaga aliran dayanya.
3. I/O Port, sama dengan PC, PDA dapat berkomunikasi dengan dunia luar, bentuknya tergantung dari produsen, ada yang menggunakan miniusb, port memori type Comfact flash (CF) dan Secure digital (SD). Tetapi harus dikatahui tidak semua slot SD dapat digunakan untuk aksesoris tadi, hanya slot SDIO (SD Input output) yang dapat menampungnya.
BAB III
PENUTUP
3.3 Kesimpulan
Dengan perkembangan zaman saat ini.banyak perusahaan yang bergerak dalam bidang retail.karena semakin tingginya kebutuhan pokok manusia setiap hari.alfamart sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang retail.yang bertujuan untuk memenuhi dan melayani kebutuhan pokok masyarakat.
3.4 Saran – Saran
• Di tingkatkan perilaku keramah-tamahan terhadap customer
• Chek kebersihan dari lokasi yang terkecil
• Memberikan pelayanan yang memuaskan kepada customer
MAKALAH ALFAMART
DI SUSUN OLEH :
WAHYU SUMANTRI
Ohhhh s3perti itu
BalasHapuskontol asu
BalasHapuskeren banget, membantu sekali, terima kasih :)
BalasHapusoke sih pak mantap
BalasHapusTerima kasih pak ilmunya
BalasHapusNtapss
BalasHapus